Kamis, 06 April 2023

Hama dan Penyakit Pada Ikan Gabus (Channa Striata)

 


Nama : Yosefina Bakita Malla

 NIT : 22.3.06.076                                      

 MK : Hama dan Penyakit pada Ikan 


Hama dan Penyakit pada ikan Gabus (Channa Striata)

          Definisi ikan Gabus( Channa Satriata)

      Ikan Gabus (Channa Striata) adalah sejenis ikan air tawar yang dapat dikonsumsi dan bernilai ekonomis. Ikan Gabus ini berasal dari China,Rusia, dan semenanjung Korea.


1. Jenis Penyakit Ikan Gabus

Ada dua jenis penyakit pada ikan gabus, yaitu penyakit parasit dan bukan parasit. Penyakit parasit merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh makhluk parasit, sedangkan penyakit bukan parasit disebabkan oleh mikroorganisme lain.


Parasite

Parasit yang merugikan memang suka hingga pada tubuh ikan gabus. Parasit dalam tubuh ikan gabus bertahan hidup dengan cara mengambil nutrisi dari pakan atau darah ikan gabus.


Setidaknya ada 6 genus parasit yang berhasil terlihat pada ikan gabus yang terinfeksi, yaitu:


Ancylodiscoides

Camallanus

Lamproglena

Dactylogyrus

Trichinella

Strongyloides.

Ikan gabus yang terinfeksi keenam genus parasit tersebut menunjukkan gejala yang hampir sama, yaitu pernapasan yang kurang lancar dan lendir pada tubuh ikan gabus yang terlalu berlebihan.


Non Parasite

Penyakit selain parasit yang menjangkit ikan gabus disebabkan oleh bakteri, jamur, dan virus. Ada daftar 5 penyakit yang paling sering menjangkit ikan gabus, yaitu:


infeksi bakteri

infeksi jamur

popeye disease, dan kanker.

Ikan gabus akan menunjukkan gejala luka, lemas, tidak mau makan, dan tidak bergerak ketika anda memberikan pakan.


Penyakit jamur pada ikan gabus juga bisa membuat kulit ikan gabus tertutupi oleh lendir berwarna putih

2.Hama pada ikan gabus

Adanya Serangan Hama dan Penyakit

Serangan hama dan penyakit pada ikan gabus yang dibiarkan terlalu lama bisa menjadi penyebab kematian. Ada banyak sekali daftar hama dan penyakit yang sering menyerang ikan gabus.


Hama yang sering ditemukan pada ikan gabus adalah ular sawah yang bisa langsung memangsa. Jika beruntung, ikan gabus mungkin hanya terluka. Namun, lambatnya perawatan bisa menyebabkan ikan gabus mati.


Beberapa penyakit pada ikan gabus adalah infeksi bakteri dan infeksi jamur. Infeksi bakteri dan jamur biasanya menjangkit ikan gabus ketika ada luka. Anda bisa melihat gejalanya dari perubahan warna tubuh ikan gabus, seperti adanya bintik putih.


Selain itu, ada pula parasit yang bisa menyebabkan penyakit pada ikan gabus. Setidaknya ada 6 parasit yang membuat ikan gabus sakit, yaitu ancylodiscoides, camallanus, lamproglena, dactylogyrus, trichinella, dan strongyloides.


Semua infeksi parasit tersebut menyebabkan gejala yang sama pada ikan gabus, yaitu produksi lendir yang berlebih hingga pernapasan yang terganggu. Hal ini juga yang membuat ikan gabus lebih sering berada di permukaan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar