Kamis, 06 April 2023

Cara Mengobati Ikan Gurame Yang Terken Hama dan Penyakit

CARA MENGOBATI IKAN GURAME YANG TERKENA HAMA DAN PENYAKIT

 NAMA : FEBRIANDANINGRUM CALISTA RUDIAWAN

 NIT : 22.3.06.049

 PRODI : TEKNIK BUDIDAYA PERIKANAN ( B )

 MATA KULIAH : HAMA DAN PENYAKIT PADA IKAN

DOSEN : RIRIS YULI VALENTINE, S.PI,M.P


       Ikan gurame ( Osphronemus gouramy ) merupakan jenis ikan air tawar yang bersisik dan biasanya dibudidayakan di tebat ( empang ), memiliki cirri badan yang lebar pipih panjang dagingnya padat, durinya besar- besar, rasanya enak dan gurih. Hama merupakan organisme pengganggu yang dapat memangsa, membunuh, dan mempengaruhi produktifitas ikan gurame, baik secara langsung maupun secara bertahap dan Penyakit merupakan gangguan pada kondisi tubuh dan organ yang diakibatkan oleh adanya perubahan dari tubuh ikan yang disebabkan oleh organisme yang menempel pada tubuh ikan yang luka. Hama alami yang biasa menyerang ikan gurame adalah ikan liar pemangsa seperti gabus,lele, dan lainnya. Selain hama dari golongan ikan- ikanan, beberapa binatang liar juga sering mengganggu kehidupan ikan gurame di alam. Binatang tersebut adalah biawak, katak, ular dan beberapa jenis burung pemangsa. Binatang-binatang inilah yang patut diwaspadai jika anda melakukan usaha budidaya ikan gurame. Caranya ialah dengan memasang saringan pada pipa saluran air agar binatang- binatang liar bersifat hama tidak dapat menyusup masuk ke dalam kolam.

       Penyakit yang menyerang ikan gurami ada dua jenis, ada penyakit yang bersifat non parasiter dan parasiter. Penyakit non parasiter ini biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan antara faktor fisika dan kimia pada lingkungan tempat budidaya, contohnya adalah kondisi air yang tercemar oleh gas beracun seperti ammonia. Jika air kolam terkontaminasi dengan gas amonia, biasanya ikan akan lebih suka berenang ke permukaan air dengan tujuan untuk mencari udara segar. Penyakit parasiter adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit beupa bakteri, virus, jamur, cacing dan mikroorganisme lainnya. Ciri ikan gurame yang terinfeksi penyakit parasiter ialah sebagai berikut :

Pada kulit : Bagian tertentu pada kulit biasanya menunjukkan gejala berwarna merah terutama pada bagian dada, perut serta pangkal sirip. Warna ikan akan menjadi pucat dan berlendir.

Pada insang : Katup insang akan mengembang serta lembaran insang menjadi pucat.

Pada organ dalam : Perut ikan akan mengalami pembengkakan, sisik berdiri atau terkadang perut akan menjadi sangat kurus, ikan menjadi lemas dan gampang untuk ditangkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar